Pentingnya Mempelajari Muamalah Kontemporer Di Era Modernisasi

Muamalah kontemporer salah satu ilmu yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Di era digitalisasi dan modernisasi, banyak hal yang sudah berubah. Salah satu contohnya, dalam hal jual beli. Dulu jual beli dapat dilakukan dengan barter.

Seiring perkembangan zaman, jual beli dapat dilakukan dengan tukar menukar uang secara langsung. Kini, zaman teknologi serba teknologi. Jual beli dapat dilakukan secara online. Sistem jual beli pun juga semakin banyak variasinya.

Ada lagi, masalah mengembangkan bisnis dengan sistem pinjam di bank, ada juga system jualan dengan sistem reseller, dropship dan masih banyak lagi. Ternyata, apa yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari ini tidak semuanya sesuai sesuai dengan aturan islam.

Nah, aturan atau ajaran yang fokus mengurus tentang hal-hal tersebut, akan diulas dalam muamalah kontemporer. Nah, sampai disini, mungkin ada yang masih asing apa itu muamalah kontemporer? Dan apa saja sih bentuk atau ruang lingkupnya? Kamu bisa temukan jawabannya dalam artikel ini.

muamalah

Pengertian Muamalah Kontemporer

Jika dilihat dari kata dasar, kata muamalah diambil data kata muamalat atau al – mufa’alah yang mengulas tentang segala hal kegiatan atau transaksi dalam bisnis atau jual beli, didasarkan pada hukum syariat. Termasuk juga akan mempelajari tentang perilaku manusia dalam menjalankan usaha bisnis yang sesuai dengan ketentuan islam.

Sementara kata kontemporer itu sendiri merujuk pada waktu tertentu. Misalnya dalam kurun waktu masa lalu, masa kini maupun masa yang akan datang. Jadi, jika disimpulkan, maka muamalat kontemporer adalah hubungan manusia dalam mengurus harta benda, dan bentuk transaksi atau aktivitas modern yang sesuai dengan aturan Allah SWT yang patut di diperhatikan.

Bentuk Muamalah Kontemporer

Pada dasarnya bentuk muamalat kontemporer di era sekarang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya aktivitas dalam hal jual beli, usaha perbankan hingga masalah sewa menyewa dan asuransi.

Sebaiknya Anda Juga Baca  Anda Wajib Tahu 5 Cara Parenting Islami Ini

Contoh sederhana, masalah perbankan, banyak diantara kita  yang menganggap sistem perbankan. Di dunia perbankan, memberikan bunga sudah menjadi aktivitas yang lumrah dan sah-sah saja. Ternyata, dalam pandangan islam, hal ini tidaklah diperkenankan. Itu sebabnya, muncullah perbankan syariah, yang meniadakan bunga.

Belum lagi masalah-masalah lain, seperti hukum melakukan penggadaian atau hukum hutang piutang. Baik itu hukum hutang di bank atau hukum hutan yang sekarang sedang marak, yaitu hutang di pinjaman online (pinjol).  Tentu saja masih banyak kasus yang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

syariah muamalah

Ruang Lingkup Muamalah Kontemporer

Jika dilihat jangkauan dan ruang lingkupnya, maka muamalah kontemporer memiliki cukup banyak ruang. Diantaranya sebagai berikut.

  1.   Hukum keluarga

Ada yang disebut dengan hukum keluarga atau disebut dengan hukum ahkam al-ahwal al-syakhiyyah yang fokus mengurus masalah hak dan kewajiban suami, istri hingga urusan anak. Ruang lingkup ini menekankan bahwasanya keluarga sebagai unit terkecil yang harus tetap dibina dan dibangun agar tetap utuh dan harmonis.

  1.   Hukum perdata

Ada juga yang disebut dengan hukum perdata atau hukum al-ahkam al-maliyah, yang merupakan hukum yang mengurus masalah perbuatan dan usaha seseorang dalam konteks jual beli (al-bai’ wal ijarah), perserikatan (syirkah), pegadaian (rahn), perjanjian (‘uqud) hingga masalah utang piutang (udayanah).

Setidaknya di hukum perdata inilah akan mengulas secara tuntas hukumnya melakukan beberapa hal yang sudah disebutkan di atas. Tujuan untuk mengatur hak orang lain, sesuai dengan aturan fiqih.

  1.   Hukum pidana

Sementara yang termasuk ke dalam hukum pidana, atau hukum al-ahkam al-janaiyyah adalah hukum yang mengurus masalah tindakan kriminal dan kejahatan. Selain itu, juga mengurus masalah sanksi yang diberikan bagi pelanggar hukum. Adapun tujuan dari hukum pidana, yaitu menjaga ketertiban dan menjaga keamanan. Serta menjaga kehormatan, ketentraman dan hak-hak serta keselamatan umat.

  1.   Hukum acara
Sebaiknya Anda Juga Baca  Anda Wajib Tahu 5 Cara Parenting Islami Ini

Hukum acara atau al-ahkam al-murafa’at ruang lingkup mengurusi tentang peradilan, sumpah dan persaksian. Adapun tujuan dari hukum acara ini, yaitu mengatur peradilan untuk mewujudkan keadilan antar manusia.

  1.   Hukum perundang-undangan

Ruang lingkup muamalah kontemporer juga  mengatur di ranah hukum perundang-undangan. Dimana di sini fokus memberikan batasan hubungan antara hakim dengan yang terhukum dan menetapkan hak antar kelompok maupun hak perseorangan.

  1.   Hukum kenegaraan

Hukum kenegaraan atau al-ahkam al-duwaliyyan adalah hukum yang mengatur tentang hubungan kelompok masyarakat dalam negeri maupun antar negara. Tujuannya, untuk menciptakan kedamaian agar tidak terjadi peperangan, dan membatasi hubungan agar tidak terjadi ketidakselarasan perbedaan yang mendasar antara umat yang beragama.

  1.   Hukum ekonomi dan keuangan

Hukum ekonomi dan hukum keuangan adalah hukum yang tidak melulu membahas masalah perekonomian saja. Termasuk mengurus hak fakir miskin dari harta orang kaya, dan mengurus masalah sumber pendapatan atau pembelanjaan negara.

Dari ketujuh ruang lingkup muamalah kontemporer di atas, tentu saja memiliki cakupan dan ranah-nya masing-masing. Jika dijelaskan, tidak cukup dijelaskan dalam satu artikel ini.

muamalah kontemporer

Manfaat Mempelajari Muamalah Kontemporer

Mungkin ada diantara kamu yang penasaran, kenapa harus mempelajari muamalah kontemporer? Ternyata, ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan saat mempelajari ilmu ini. Diantaranya sebagai berikut.

  • Membukakan mata pentingnya hukum fiqh tanpa menghafalkan permasalahan yang terjadi secara satu persatu.
  • Dalam memenuhi kebutuhan pokok dan kebutuhan seharian, tidak semua diperkenankan oleh agama. Setidaknya setelah mempelajari muamalah kontemporer, kita menjadi lebih tahu cara yang dibolehkan dan cara yang tidak diperkenankan oleh aturan islam.
  • Mengetahui aturan dan hukum secara hukum islam, agar setiap tindak tanduk yang kita lakukan menjadi barokah.
  • Tahu apa yang dihalalkan dan yang diharamkan. Terutama dalam aktivitas jual beli dan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mengetahui transaksi yang sah secara syariat islam, dan yang tidak sah. Agar apa yang dijual dan apa yang kita pilih tidak memberikan kemudharatan.
  • Apa yang kita pilih agar memenuhi syarat dan rukun akad jual beli
Sebaiknya Anda Juga Baca  Kuasai Ilmu Syirkah, Bisnis Makin Berkah!

Dari beberapa manfaat di atas, mungkin kamu merasakan manfaat lain yang kamu rasakan. Kamu bisa share pengalaman di kolom komentar ya.

Buat kamu yang ingin mempelajari lebih dalam tentang muamalah kontemporer. Kamu bisa mengikuti kelas intensif bersama Tasqif secara digital, bersama Ustadz H. Dwi Condro Triono, Ph.D.

Salah satu alasan pentingnya mengikuti kelas muamalah kontemporer adalah mengingat pentingnya belajar. Sebaik-baik belajar adalah yang didampingi oleh gurunya, yang jelas sanadnya. Belajar secara sendiri gurunya adalah setan. Sehingga rawan salah pemahaman dan salah tafsir.

Karena kadang apa yang kita rasa benar, belum tentu benar. Sebaliknya, apa yang kita rasalah salah, kadang justru benar. Itu berarti menunjukan bahwasanya salah dan benar itu beda tipis. Karena salah ataupun benar tergantung perspektif mana yang akan diambil.

Itu sebabnya dalam belajar muamalah kontemporer butuh guru yang memiliki sanad yang jelas, untuk menghindari kesesatan. Ada yang menarik nih, buat kamu yang ingin mengikuti kelas online. Akan mendapatkan diskon sebesar 40% bagi kamu yang memiliki kupon SAYASYARIAH.

Buat kamu yang belum memilikinya, segera dapatkan kuponnya segera. Jadi, tunggu apalagi. Segera ambil kesempatan ini. JANGAN SAMPAI KEHABISAN. Karena kelas muamalah kontemporer ini terbatas.

saya syariah